Menggendong Bayi Bikin Manja Mitos Atau Fakta?

Menggendong Bayi Bikin Manja

Menggendong Bayi Bikin Manja – Perkembangan bayi memang tak bisa di pisahkan dari ibu. Menggendong, memeluk, mencium, dan membelai tentu akan mempengaruhi si buah hati. Tapi apakah seringnya menggendong bayi akan membuatnya jadi manja dan cengeng. Orang kita biasanya menyebutnya dengan sudah ‘bau tangan’. Apakah di lihat dari segi pskilogi dan perkembangan anak memang ini sangat mempengaruhi.

Bunda tercinta, artikel ini merupakan ulasan yang kami rangkum dari berbagai sumber blog kesehatan maupun perkembangan anak. Mungkin sebagian dari bunda akan bertanya-tanya apakah benar yang terjadi anak akan tambah manja jika sering kita gendong?. Akankah menggendong bayi bikin manja dan semakin rewel jika tidak di gendong. Sebenarnya ini mitos atau fakta? Berikut ulasannya.

Baca Juga :

Menggendong Bayi Bikin Manja

Menggendong Bayi Bikin Manja Mitos atau Fakta ?

Membaca dari sebagian blog kesehatan dan menurut beberapa pakar perkembangan anak, ternyata menggendong bayi bikin manja adalah mitos belaka. Bahkan sang ahli menyarankan untuk bisa terus memberikan perhatian dasar mulai dari memeluk, mencium, maupun membelai semaksimal mungkin.

Alasan yang mendasarinya yaitu otak bayi tidaklah sama dengan otak anak-anak maupun orang dewasa, sehingga tidak mungkin untuk memanjakannya. Adapun rengekan dan tangisan bayi yang sering terjadi lebih kepada pemeberitahuan kepada orang lain bahwa ia merasa tidak nyaman, haus, lapar, dan sebagainya.

Perkembangan Otak

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bayi yang sering mendapatkan dekatan secara fisik akan mengalami perkembangan otak lebih baik. Interaksi antara orang tua dan bayi dengan pelukan akan lebih menenangkan bayi dan memberinya rasa aman. Adapun melakukan interaksi dengan bicara kepada si buah hati akan melatihnya dalam segi bahasa. Kedekatan itulah yang diharapkan mampu menjadikan perkembangan otak bayi lebih baik.

Perkembangan otak bayi mulai berinteraksi dengan lingkungannya sekitar umur 6 bulan. Di saat itulah otak bayi mulai mengatur kebiasan-kebiasaanya. Oleh karena itu pada masa ini mulai bisa membatasi dalam hal menggendongnya. Selain itu di usia ini juga mulai mampu mengembangkan kemampuannya sendiri dan mampu membaca ekspresi di lingkungan sekitar.

Jadi kesimpulannya menggendong bayi bikin manja adalah mitos belaka.

Sekarang bunda lebih tenang bukan?. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *